Ku Temukan “Islam” di Negeri Kangguru

Temans,

Menjelang berakhirnya masa ‘jam tayang’ studi saya di Monash University, saya berfikir untuk mendokumentasikan beberapa pelajaran berharga yang saya peroleh selama belajar dan hidup di negeri Kangguru ini. Melalui media MP ini saya berencana untuk menuliskan (kemungkinan besar dalam bentuk ‘cerita bersambung’) tentang hikmah dan atau pelajaran yang saya peroleh selama di sini. Semoga saya punya cukup waktu untuk menuliskannya, karena pada saat yang sama saya masih harus struggling dengan thesis saya.

Harus saya akui bahwa Australia pada umumnya, atau Melbourne pada khususnya telah memberikan ‘sejuta’ pelajaran berharga bagi saya. Pelajaran yang saya yakin akan sangat bermanfaat ketika nanti saya pulang ke tanah air. Semoga ilmu dan pengalaman hidup selama di sini nanti bisa bermanfaat untuk kebaikan.

Judul entry blog ini, “Saya Temukan “Islam” di Negeri Kangguru” adalah seri pengantar dari dokumentasi ini. Judul ini sesungguhnya hanya mengulang kalimat bernada sama yang pernah diungkapkan oleh Muhammad Abduh, seorang tokoh reformis Mesir yang kemudian pernah berkeliling Eropa. Sebuah statemen yang sangat terkenal darinya adalah ungkapan bahwa dia melihat Islam di Eropa, Inggris dan Perancis khususnya, tapi tidak melihat kaum muslim di sana. Sebaliknya, dia melihat kaum muslim di Mesir (negerinya) tapi tidak melihat Islam di sana

Begitulah kira-kira intisari kesan yang saya peroleh ketika menghabiskan waktu hampir satu setengah tahun di sini. Tentu saya akan bercerita lebih detail tentang mengapa saya akhirnya juga memakai kata-kata yang mirip dengan Muhammad Abduh untuk mendiskripsikan pengalaman hidup saya selama di negeri Jhon Howard ini.

Insyaallah, saya akan tulis pada edisi berikutnya. (*bel tuk nulis thesis udah berbunyi*) He..he…

Leave a Reply

