Pilkada DKI, PKS Pemenang Sesungguhnya …

Sahabat sekalian,

Lama tak posting di MP. Kali ini postingan saya tentang politik, yaitu terkait dengan situasi terakhir pilkada DKI Jakarta.

Dari berita www.detik.com hari ini, sudah hampir bisa dipastikan bahwa FOKE bakal menjadi gubernur DKI Jakarta untuk lima tahun mendatang. Sejauh ini FOKE talah mengumpulkan 1.912.444 suara (58%), sementara Adang-Dani menempel ketat dengan perolehan yang tak jauh beda, 1.386.441 suara (42%).

Bagi saya kemenangan FOKE adalah suatu hal yang ‘biasa-biasa’ saja. Dari hitung-hitungan di atas kertas, FOKE yang diusung oleh koalisi hampir 20 parpol ini, pantas dan sudah seharusnya menang. Justru akan menjadi sangat memalukan apabila FOKE kalah. Masa sih, ada begitu banyak parpol besar berkumpul dan kemudian ‘mengeroyok’ satu partai yang tergolong masih muda, dan kemudian kalah. Jadi, wajarlah kalau FOKE menang.

Namun mari melihat hasil pilkada DKI lebih dalam. Saya berani mengatakan bahwa PKS adalah pemenang sesungguhnya dalam pertarungan politik di DKI Jakarta. Meskipun dengan medan yang berbeda, coba bandingkan suara yang diperoleh Adang Dani (yang menurut hasil dari berbagai quick count melebih 40%) dengan modal awal suara PKS yang hanya 25%. Raihan ini tentu sangat signifikan dan luara biasa. Karenanya, banyak pihak percaya bahwa peta suara pilkada DKI saat ini sangat layak dijadikan data awal untuk memprediksi peta kekuatan politik pada tahun 2009. Bukan tidak mungkin, PKS akan semakin besar dan semakin berwibawa di ibukota Jakarta pada tahun 2009.

Lebih dari itu, lewat pilkada Jakarta, PKS dengan cerdas telah memperlihatkan kepada publik bahkan dunia internasional tentang bagaimana politik bebasis moral. Politik yang mengedepankan integritas, sopan santun, dan dignity. PKS sukses memberikan pelajaran berharga kepada bangsa ini bahwa politik bisa dilakukan dengan cara-cara beradab. Di sinilah, menurut saya substansi kemenangan PKS di Jakarta.

Karenanya, saya yakin meskipun dalam fakta politik pemilihan gubernur Jakarta Adang-Dani kalah, PKS dan seluruh jajarannya tak kan pernah kecewa apalagi bersedih dengan hasil ini. Toh, setahu saya, jabatan gubernur bukanlah tujuan (akhir) dakwah politik PKS.

Kepada seluruh kader dan simpatisan PKS. Saya ucapkan selamat kepada anda semua. Kalian telah berhasil menorehkan catatan sangat berharga dalam sejarah politik bangsa ini. Semoga harta, waktu, tenaga, perasaaan, yang antum korbankan dalam setiap detik sebelum pilkada dicatat Allah SWT sebagai amal shaleh penambah timbangan kebaikan antum di yaumil akhir kelak.

Teruskanlah benahi Jakarta, meskipun Adang-Dani tidak menjadi gubernur.

Salam dari Padang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s