Suharto Pantas Dikenang

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun,

Akhirnya mantan penguasa orde baru itu pun menghembuskan nafas terakhirnya, tepatnya jam 1.10 pm tadi siang di RS Pertamina Jakarta, setelah berjuang melawan maut sejak 24 hari yang lalu. Dengan demikian berakhir sudah kisah panjang warna-warni seorang anak manusia yang bernama lengkap H.M. Suharto di dunia yang fana ini.

Walaupun suharto tidak lagi berkuasa, namun tetap saja wafatnya beliau menyentakkan banyak orang. Harus diakui, bahwa aura pengaruh kekuasaan pak Harto masih sangat terasa sampai detik ini. Hal ini sangat jelas terlihat terutama ketika pak Harto dikabarkan kritis beberapa hari yang lalu. Hampir semua kita mengikuti detik-detik perkembangan kesehatan beliau yang terus diupdate media massa. Ada begitu banyak kalangan yang datang menjenguk beliau. Bahkan doa dan simpati tidak hanya disampaikan berbagai kalangan dari dalam negeri, juga luar negeri. Tak kurang dari mantan PM Malaysia, PM Singapore, sultan Brunai, Filipina datang langsung menjenguk mantan RI 1 ini ke rumah sakit.

Dan sekarang, pak Harto telah tiada. Suka atau tidak, saya pikir pak Harto pantas dikenang sebagai salah satu putra terbaik bangsa ini dengan segala catatan kelebihan dan kelemahannya. 32 tahun memimpin bangsa jelas bukanlah bentuk pengabdian yang sederhana. Banyak prestasi yang telah beliau torehkan dalam jejak kepemimpinannya. Prestasi kepemimpinan beliau tetap pantas diapresiasi, tanpa harus melupakan kritik terhadap kelemahan dan kekurangannya.

Saat ini, mari ikut berdoa semoga Allah SWT membalasi amal almarhum dan mengampunkan semua kesalahannya. Sambil tetap menunggu, bagaimana nanti sikap pemerintah terkait status hukum pak Harto.

Selamat jalan ‘the smiling general’, dan kamipun pasti menyusul …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s