Mencermati Manuver GOLKAR

Salam Mpers semua,

Dinamika politik Indonesia makin asyik untuk dicermati, seiring dengan keputusan DPP Partai Golkar kemaren yang menyatakan tidak akan melanjutkan komunikasi politik dengan Partai Demokrat. Keputusan ini (walaupun belum final) tentu mengejutkan banyak pihak, karena beberepa hari terakhir sangat kentara betapa Golkar sangat ingin (untuk tidak mengatakan mengemis) untuk tetap bersama SBY dalam pilpres mendatang.

Selain mengejutkan, keputusan ini juga menarik untuk terus dicermati. Menjadi menarik, karena sampai hari ini hampir semua lembaga survey masih mengunggulkan SBY sebagai calon terkuat untuk memenagkan pilpres Juli mendatang. Dengan demikian, ketika Golkar mengatakan bahwa Golkar ‘bercerai’ dengan Demokrat, maka Gokar siap dengan kemungkinan terburuk, kalah dan tidak ikut dalam pemerintahan mendatanng (tentu jika SBY menang).

Perlu juga dicermati, apakah pernyataan Golkar kemaren sesungguhnya adalah manuver Golkar dalam ‘menggertak’ SBY agar setuju dengan proposal Golkar yang hanya mencalonkan satu cawapres. Bagiamanapun, GOLKAR adalah partai senior (untuk tidak mengatakan tua) dalam jagad politik Indonesia. Dengan demikian mereka memang yang paling berpengalaman dalam sejarah pemerintahan di tanah air. Dalam hitungan saya, GOLKAR sepertinya ingin menjadikan poin ini dalam menaikkan bargaining position nya dengan SBY.

Saya masih berkeyakinan bahwa sesungguhnya apapun yang dilakukan Golkar sesungguhnya tetap dalam konteks usaha menjadi pemenang dalam pilpres mendatang. Saya tidak yakin kalau GOLKAR siap menjadi oposisi, karena memang mereka belum punya sejarah di luar pemerintahan sejak negeri ini lahir.

Maka mari kita tunggu, jurus apalagi yang akan dimainkan GOLKAR setelah ini. Semoga bukan ‘jurus mabuk’ yang akan membuat GOLKAR semakin terpuruk. (Ops … mendoakan GOLKAR boleh gak ya? .. hehe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s