Dahsyatnya Pelukan …

Salam sahabat mpers,

Efek pelukan itu sungguh dahsyat. Dia bisa menjadi perekat dua jiwa yang berpisah. Mendekatkan dua hati yang mungkin selama ini jauh. Pelukan merupakan salah satu cara terbaik untuk memberi tahu bahwa anda bisa membuat kehidupan orang yang anda peluk terasa aman dan sekaligus merasa nyaman.

“Memeluk meningkatkan tingkat oksitosin yang mengurangi tingkat stres,” kata Dr Jyoti Sangle, konsultan psikiater, dari Rumah Sakit LH Hiranandani, India.

Memeluk juga dapat mengurangi tekanan darah, sehingga melindungi anda dari serangan penyakit jantung. Selain itu, yang pasti sebuah pelukan akan memperkuat ikatan hubungan anda dengan orang yang anda peluk menjadi lebih baik dan lebih intim.

Saya tidak akan membahas betapa pentingnya kualitas dan intensitas pelukan antara anda dan pasangan anda🙂 *saya berasumsi bahwa anda sudah lebih tahulah dengan yang satu ini*. Yang akan saya tulis adalah betapa pentingnya kita memeluk anak-anak kita dengan frekwensi dan kualitas yang lebih baik.

Sekali lagi, pelukan adalah cara terbaik untuk membuat kita dekat dengan anak-anak kita. Maka pastikanlah bahwa ada waktu yang reguler kita memeluk mereka. Tidak hanya saat hati kita senang dan gembira dengan mereka, tetapi juga saat kita kecewa dan bahkan marah dengan mereka. Peluklah mereka saat mereka akan berangkat ke sekolah, misalnya. Saat mereka pulang, salesai shalat berjamaah, atau saat mereka melakukan sesuatu yang luar biasa.

Saya sendiri berusaha memeluk anak-anak setelah saya marahan sama mereka. Setelah mereka menangis, karena saya marahi. Biasanya satu pelukan hangat menjadi satu cara ampuh untuk membuat suasana kembali normal.

Ketika anak-anak saya tanyain, kapan momen yang paling membuat mereka bahagia. Jawaban mereka hampir sama, “saat dipuji abi/ummi, saat dibeliin hadiah, dan saat dipeluk”.

Karena itu sekali lagi, peluklah mereka dengan kasih sayang. Karena efeknya sangat dahsyat untuk pertumbuhan emosi mereka terhadap orangtua. Kapan perlu, di depan kaca hias di kamar anda, tulislah, “Sudahkah saya memeluk anak saya hari ini?”

Salam parenting!

Leave a Reply

