Hidup Adalah Misteri

Salam sahabat mpers,

Bagi saya hidup ini adalah sebuah panggung akbar tentang sebuah misteri yang tak pernah terkuak tuntas. Apalagi bagi seorang hamba yang dhaif seperti kita yang bernama manusia. Kita terlalu kerdil untuk bisa mengungkap rahasia kehidupan yang tak terbatas itu.

Ketika kita merancang masa depan, misalnya, kita sesungguhnya tak pernah persis tahu apa yang kemudian nanti terjadi dengan rencana yang sudah kita susun dengan sedemikian rupa. It remains mysterious till to the point when God reveals everything. Karenanya ketika kita telah melakukan usaha terbaik dalam merencanakan sesuatu, apapun itu, maka akan lebih bijak kalau kita menutupnya dengan ‘mudah-mudah’an berhasil. Kita menyerahkan hasil terbaiknya kepada zat yang Maha Tahu rahasia masa depan.

Berbaik sangka kepada setiap keputusan Tuhan adalah juga perlu kita lakukan dalam konteks menyikapi kehidupan yang misterius ini. Hal ini perlu agar kita tidak mudah terbawa emosi, marah dan kecewa misalnya, jika suatu saat fakta/hasil yang kita perolah tidak sesuai dengan apa yang kita rencanakan. Alam bawah sadar kita mesti terus diberi keyakinan bahwa apa yang menurut kita baik, belum tentu baik di mata Tuhan. Sebaliknya apa yang menurut kita buruk, belum tentu buruk di mata-Nya.

Pernahkah anda mendengar seseorang yang ketinggalan pesawat karena taksi yang dia tumpangi dari rumah mengalami bocor ban di jalan. Dia awalnya sangat kesal dan marah sama si sopir taksi, karena dia terpaksa membatalkan beberapa pertemuan bisnis yang sebelumnya telah dia rancang. Tetapi, dia terhenyak dan kemudian berubah tiga ratus enampuluh derjad beberapa menit kemudian. Dia berubah sangat bersyukur dengan kejadiaanya sebelumnya (tidak jadi berangkat sesuai jadwal semula) setelah mendengar berita bahwa pesawat yang seharusnya dia tumpangi tadi pagi mengalami kecelakaan, dan banyak penumpangnya menjadi korban.

“Dus, Gusti. Alhamdulillah. Terimakasih. Engkau telah menyelamatkan hamba melalui kerusakan taksi tadi pagi,” bisiknya sambil bersujud.

Kawan,

Mari kita menambah keyakinan bahwa semua ada hikmahnya. Tak ada satupun kejadian di bumi ini yang bisa terjadi kecuali atas izin-Nya. Yakinlah bahwa Tuhan akan memberika yang terbaik buat hamba-Nya.

Salam,

*ditulis sambil menunggu pesawat yang delay di Longue Garuda, Soetta*

^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s