[Serial] Belajar Pada Guru Kehidupan

Salam,

Sahabat empers yang baik,

Sambil menggarap thesis saya yang bakal berjalan cukup panjang, saya berencana untuk membuat tulisan bersambung (serial) tentang satu tema yang menurut saya perlu saya dokumentasikan di sini, sekaligus bisa berbagi dengan kalian semua. Serial tulisan ini mirip dengan tulisan bersambung saya dulu terkait refleksi pengalaman saya sebagai seorang muslim selama hidup di negeri Kangguru ini saat saya menjalani studi masters saya antara 2006-2007. Bagi anda yang tertarik membacanya, bisa melihatnya di sini.

Kali ini saya ingin membahas ‘tema ringan’ yang sudah ada di sekita kita. Yaitu tentang bagaimana kita belajar kepada guru kehidupan. Belajar kepada alam di sekitar kita. Kepada air, api, tanah, laut, samudera, pohon, binatang, dan makhluk Tuhan lainnya Saya meyakini bahwa ada banyak hikmah dan pelajaran yang berserakan di sekitar kita. Ribuan mutiara pelajaran yang kadang kita tidak sadari. Orang Padang menyebutnya dengan ‘alam takambang jadi guru’.

Saya tidak tahu sampai dimana perjalanan serial tulisan ini. Tapi yang lebih penting adalah bagaimana memulai langkah pertamanya. Setelah itu biarkan dia mengalir dan mencari muaranya sendiri.

Syukur-syukur serial tulisan ini bisa menjadi ’embrio’ tulisan dengan tema yang sama untuk saya jadikan sebagai sebuah buku. Hal yang dulu pernah juga saya niatkan ketika membuat seri tulisan babak pertama. Walau belum kesampaian, karena usaha saya yang tidak maksimal untuk mewujudkannya.

Sengaja niat ini saya sampaikan kepada anda semua. Karena diantara hal yang saya yakini adalah bahwa menyampaikan niat baik anda kepada orang-orang tertentu (teman diantaranya) adalah salah satu strategi agar niat dan cita-cita anda itu bisa menjadi kenyatakan, Pemberitahuan terbuka semacam ini, sadar atau tidak, dengan sendirinya akan memicu saya bekerja lebih kuat untuk mewujudkan niat saya. Pada saat yang sama, dia bisa menjadi ‘reminder hidup’ bahwa saya mesti mewujudkan apa yang saya niatkan.

Mohon doa dan supportnya ya temans🙂

Sampe ketemu di edisi perdana ‘serial belajar pada guru kehidupan’.

Salam,

Afrianto Daud

Leave a Reply

