Shocked and Amazed As Well ..

Dear temans,

Ada cerita menarik yang ingin saya bagi pada kalian semua.

Pagi Kamis subuh dua minggu yang lalu saya rada shocked membaca notes yang tertempel di kaca depan mobil saya. Awalnya saya tidak menyadari ada tempelan kertas itu. Saya baru aware bahwa seseorang telah meninggalkan catatan penting buat saya, saat saya menghidupkan wiper untuk membersihkan kaca yang dipenuhi embun pagi. Saya bergegas turun, kemudian mengarahkan hape saya ke kertas yang tertempel, untuk menerangi karena pagi itu masih agak gelap.

Saya mulai dengan jelas membaca kalimat begini,

I am sorry about the damage caused. It happened around 5.30 p.m on 29/02/2012. Please contact 0400 33xxxx.

Sontak saya shocked, karena baru sadar bahwa mobil saya telah ditabrak seseorang pada sore sebelumnya, yaitu saat mobil saya sedang parkir di kampus. Malam sebelumnya saya pulang sudah agak malam di kampus. Jadi belum tahu bahwa telah terjadi sesuatu dengan mobil saya.

Saya segera memeriksa keadaan mobil saya. Dan baru ketahuan bahwa bagian kanan depan mobil saya remuk bekas ditabrak. Kaca lampunya pecah. Beruntung lampunya masih hidup.

Saya segera mencatat nomor yang tertera di kertas itu, memindahkannya ke hape saya. Saya segera menulis sms ke nomor yang disebutkan bahwa saya baru saja sadar dengan kejadian itu, dan bertanya jam berapa saya bisa menelpon yang bersangkutan. Saya sengaja tidak langsung menelpon, karena hari memang masih sangat pagi.

Walaupun shocked, terus terang saya juga sangat terkesan dengan tanggung jawab si penabrak. Saya bersyukur dia masih meninggalka pesan. Padahal pas kejadian mungkin parkiran sudah lengang, karena jam segitu biasanya sudah tidak banyak mahasiswa di kampus.

Sekitar jam 9.30 am, hape saya berdering, dan ternyata sang penabrak langsung menelpon saya. Setelah kembali meminta maaf, dia mengatakan bahwa akan bertanggung jawab dan telah meminta perusahaan asuransinya untuk mengurus dan memperbaiki mobil saya. Saya segera menghubungi asuransi yang dia sebutkan. Tanpa kendala berarti, akhirnya mobil saya diperbaiki dan setelah seminggu di bengkel, mobil kembali sehat seperti semula.

Poin yang ingin saya ceritakan sesungguhnya adalah tentang bagaimana sikap bertanggung jawabnya sang pelaku. Bayangkan jika dia mengambil sikap sebaliknya, mungkin tak akan ada satupun yang bisa melacak siapa pelaku penabrakan itu. Termasuk para satpam di sekitar parking area, kemungkinan mereka tak akan banyak membantu.

Sebenarnya ini bukan kali pertama kejadian mirip yang saya dengar di sini. Dan dua minggu yang lalu saya sendiri yang langsung mengalaminya.

Seorang teman saya malah berkomentar, ‘Duh, betapa ‘Islami’nya ya perilaku orang di sini …

Hemm, bagaimana dengan kita ..?

Demikian,

Salam

Leave a Reply

