Antara Sekolah, Anak, dan Orangtua

#pendidikandasarAustralia #keterlibatanorangtua

(Copas dari status FB saya) ^^

Sahabat,

Saya ingin melanjutkan cerita tentang beberapa ‘best practice’ dari sistem pendidikan dasar di Australia….

Pada postingan terdahulu, saya sudah bercerita tentang bagaimana sekolah secara sadar dan terencana mengapresiasi dan menghargai semua potensi anak didik secara holistik, diantaranya berupa pemilihan Student of the Week dan Student of the Month. Kali ini, saya akan berkisah tentang bagaimana sekolah melibatkan orang tua anak dalam proses pembelajaran.

Dahsyatnya Pelukan ...

Diantara tagline Clayon North Primary School (CNPS) adalah ‘growing, caring, achieving – together’. Tagline ini tidak hanya menjadi filosofi dari proses pembelajaran yang diantaranya fokus pada penumbuhan sikap kebersamaan antara anak didik dalam menggapai kesuksesan, juga berarti bahwa dalam proses pendidikan itu mesti ada kerjasama yang jelas antara pihak sekolah dan orangtua.

Ini tentu mudah dipahami, bahwa sekolah tidak bisa sepenuhnya dijadikan tumpuan satu-satunya keberhasilan pendidikan seorang anak didik. Orangtua mesti terlibat, karena pada akhirnya justru anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu mereka di rumah, ketimbang di sekolah.

Diantara kegiatan rutin yang melibatkan orang tua adalah, setiap term selalu ada sesi ‘parent-teacher Interview’, dimana orangtua dipanggil ke sekolah untuk diwawancarai terkait perkembangan anaknya di sekolah dan di rumah. Ini adalah momen dimana orangtua dan pihak sekolah bisa mengkomunikasikan segala concerns dan atau harapan terkait pendidikan anak mereka di sekolah.

Di CNPS, cukup banyak kegiatan yang melibatkan orangtua ini. Ada kegiatan harmony day – kegiatan multikulutural yang menampilkan seni dan budaya siswa. Celebration night -kegiatan dimana anak-anak menunjukkan karya terbaik mereka kepada orangtua. Dan beberapa yang lain. (Nanti saya coba bahas detailnya).

Salah satu yang menarik adalah program terbaru bernama D.E.A.R (Drop Everything And Read) untuk kelas Prep dan Kelas 1. Ini adalah program sekolah yang meminta partisipasi orang tua ketika pagi hari mengatarkan anak ke sekolah, ikut bersama anaknya di dalam kelas, menuntun anaknya belajar membaca sekitar 10 menit sebelum kelas  dimulai (Foto dibawah adalah saat saya bersama Wafa dalam program ini).

1401295_10200935358009160_1630846500_o

Sepertinya ini program sangat efektif, menyambungkan emosi anak dan orangtua sekaligus melibatkan langsung orangtua dalam proses pembelajaran anaknya. Saya lihat anak-anak pun happy menjalani kegiatan ini. Apalagi ada musik di pagi membuat suasana menjadi lebih ceria.

Sebetulnya masih ada kegiatan lainnya yang melibatkan orang tua. Namun cukup ini dulu saya sampaikan di sini.

Poinnya adalah orangtua tidak bisa sepenuhnya menyerahkan proses pendidikan anaknya ke sekolah. Orangtua mesti terlibat aktif membantu perkembangan anaknya.

Saya sebenarnya ingin merefleksi ke praktik kita di tanah air. Namun, agar tidak kepanjangan saya cukupkan sampai di sini. Silahkan diperpanjang melalui diskusi.

Semoga bermanfaat!

Salaam,
A

*bagi teman yang saya tag, itu karena dulu anda meminta saya melakukannya untuk anda. Feel free to let me know if you want me to untag you. See more

7 thoughts on “Antara Sekolah, Anak, dan Orangtua

  1. Apalagi ada musik di pagi membuat suasana menjadi lebih ceria.

    Apakah musiknya hanya diperdengarkan melalui music player, atau ada partisipasi dari siswa yang memainkannya, misalnya bergiliran?

    • diperdengarkan melalaui pengeras suara mas Iwan. Lagu dari berbagai negara. Kita bisa rekom lagu tertentu ke sekolah. Ini saya sedang browsing lagu Indonesia yang cocok untuk diperdengarkan di sekolah anak2 itu.

      Ada usulan mas? ^^

      Thanks ya atas atensinya.

Leave a Reply

